Sejarah Kebun Binatang

Kebun Binatang Ragunan adalah sebuah kebun binatang  yang terletak di daerah ragunan, pasar minggu. Kebun binatang seluas 140 hektar  ini didirikan pada tahun 1864. Di dalamnya, terdapat berbagai koleksi yang terdiri dari 295 spesies dan 4040 spesimen.

Ragunan sempat ditutup selama sekitar tiga minggu sejak  19 september 2005karena hewan-hewan di dalamnya ada yang terinfeksi flu burung , namun dibuka kembali pada11 oktober.

Sejarah

Kebun Binatang Ragunan adalah kebun binatang pertama di Indonesia. Kebun binatang ini didirikan pada tahun 1864 dengan nama Planten En Dierentuin yang berarti “Tanaman dan Kebun Binatang.” Terletak pada tanah seluas 10 hektar di kawasan cikini jakarta pusat  yang merupakan pemberian seorang pelukis ternama Indonesia, Raden saleh . Saat itu, Planten En Dierentuin dikelola oleh Perhimpunan Penyayang Flora dan Fauna Batavia yang tergabung dalam Culturule Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia.

Tahun 2949, nama Planten En Dierentuin diubah menjadi Kebun Binatang Cikini dan pada tahun1969 dipindahkan ke kawasan Ragunan pasar minggu   pada tahun 1964 . Pemerintah DKI jakarta menghibahkan lahan seluas 30 hektar yang menjadi rumah bagi kebun binatang ini. Gubernur  DKI Jakarta Ali Sadikin  meresmikan Taman Margasatwa Ragunan pada 22 juni 1966 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: